Mengobati Sakit Maag Dengan Mudah

By | February 1, 2018

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat mahal. Perlu diketahui bahwasanya banyak sekali orang yang mengeluhkan masalah kesehatan mereka karena berbagai hal. Salah satu gangguan kesehatan yang cukup banyak dialami oleh orang-orang adalah maag. Maag merupakan kondisi dimana asam lambung atau HCl naik sehingga perut atau lambung akan terasa perih. Apabila maag ini dibiarkan maka bisa menyebabkan hal lain yang lebih parah.

Tips Mengatasi Sakit Maag

Sebenarnya ada beberapa tips mendasar untuk mengatasi sakit maag. Simaklah beberapa penjelasan berikut ini.

– Pola Makan Teratur

Usahakan untuk selalu teratur ketika makan karena kondisi perut yang kosong bisa menyebabkan asam lambung itu naik. Untuk itu sebaiknya istilah perut dalam 2 sampai 3 jam sekali meskipun hanya makanan-makanan ringan. Hindarilah makan makanan yang pedas dan asam secara bersamaan karena bisa menyebabkan penyakit maag kambuh. Makanan yang pedas dan asam bisa memicu naiknya asam lambung sehingga harus dikurangi. Untuk makan berat dilakukan sebanyak 3 kali sehari di waktu yang tepat.

– Siapkan Obat Maag

Bagi para penderita maag maka dianjurkan untuk selalu menyediakan obat maag. Perlu diketahui bahwa maag ini bisa terjadi kapan pun dan dimana pun tanpa mengenal tempat dan waktu sehingga harus sedia payung sebelum hujan. Obat maag berfungsi untuk menghilangkan nyeri karena asam lambung bukan untuk menghilangkan penyakitnya. Karena apabila maag ini Kambuh biasanya akan sangat mengganggu aktivitas. Biasanya obat maag ini mampu mengatasi nyeri maag dalam waktu yang singkat sehingga bisa mengantisipasi sementara.

– Hindari Makanan yang Masam

Karena pada dasarnya maag ini merupakan kondisi dimana asam lambung itu naik maka hindarilah makanan atau minuman yang asam. Dengan demikian maka kemungkinan untuk mengalami sakit karena Maag akan berkurang. Atau setidaknya apabila ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang asam, konsumsilah nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi maag yang dialami oleh hampir setiap orang. Pada dasarnya penyebab utama dari maag adalah pola makan yang tidak baik. Untuk itu masalah ini harus segera diatasi karena bisa menyebabkan radang lambung atau gastritis. Gastritis ini merupakan kondisi dimana lambung mengalami luka yang menimbulkan rasa yang sangat pedih.