Menjaga Kesehatan Gigi, Lakukan kebiasaan ini!

By | February 6, 2018

Gigi merupakan salah satu dari bagian tubuh yang sering kali luput dari perhatian kita. Banyak dari kita tidak memperhatikan dengan maksimal akan kesehatan gigi sehingga banyak dari kita yang mengalami berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut karena kurang menjaga kesehatan gigi. Sekali gigi rusak, maka terbuka lebar kesempatan untuk masalah dan penyakit gigi dan mulut lain menghampiri. Jika hal tersebut terjadi, maka anda harus berurusan dengan rasa sakit yang luar biasa menganggu yang akan menghalangi anda untuk melakukan aktivitas makan dan minum dengan nyaman seperti sebelumnya. Bahkan, ada sebuah penggalan lagu yang banyak diingat dari dulu hingga kini, yakni yang kurang lebih berbunyi demikian: lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi.” Penggalan tersebut memberitahu bahwa betapa menyakitkanya sakit gigi itu hingga seseorang lebih memilih untuk sakit hati.

Menjaga Gigi Tetap Sehat Tidak Sulit

Untuk itu, sangat penting untuk kita agar selalu menjaga gigi dan mulut tetap sehat. Berikut cara mudah yang dapat anda lakukan. Yang pertama adalah, sikat gigi anda 2 kali sehari. Pasti banyak orang di antara kita yang hanya menyikat gigi pada pagi hari saja sebelum melakukan aktivitas dan melupakan sikat gigi malam. Meski terlihat sepele, tidak menykat gigi pada malam hari dapat diibaratkan sebagai bom waktu. Karena, dengan tidak menyikat gigi tiap malam sebelum tidur, sisa – sisa makanan yang terselip di gigi anda menyebarkan banyak kuman yang menggerogoti lapisan gigi anda yang apabila dibiarkan lama kelamaan akan menyebabkan gigi berlubang. Gigi yang berlubang merupakan asal muasal dari berbagai masalah gigi yang ada.

Untuk itu agar gigi kita tetap cantik terawat, lakukanlah kebiasaan menyikat gigi 2 kali sehari. Satu kali sebelum aktivitas pada pagi hari, satu kali sebelum tidur pada malam hari. Cara selanjutnya adalah, hindari makan makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin. Terlihat sepele namun hal tersebut ternyata memiliki andil besar terhadap rusaknya imail gigi yang juga dapat menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya dalah gigi sensitive.