Meraup Keuntungan Dari Budidaya Ikan Platy

By | March 31, 2018

Setelah mengenal sedikit tentang ikan platy dari informasi yang kami bagikan dari artikel sebelumnya, mungkin Anda mulai tertarik dengan ikan ini dan berencana untuk membudidayakannya. Sebuah pilihan yang tepat jika Anda memutuskan untuk mulai berbisnis dari usaha budidaya ikan hias dari jenis platy ini, karena memang ikan hias mudah sekali untuk berkembang biak sehingga cocok untuk dikembangbiakkan oleh siapa pun, sekalipun oleh pemula. Lalu, apa saja kiranya yang dibutuhkan untuk memulai peluang usaha budidaya ikan hias platy ini? Dalam artikel ini akan dibahas lebih jauh mengenai budidaya ikan platy. Untuk lebih jelasnya silakan Anda simak paparan-paparan berikut ini.

Memilih Indukan Platy Yang Berkualitas

Sebelum memilih indukan yang berkualitas, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri indukan jantan dan betina ikan platy. Indukan platy jantan pasti memiliki semacam sirip bawah yang bentuknya khas, atau disebut pula dengan gonodium. Sementara itu, ikan platy betina tidak memiliki gonopodium. Ciri lain yang lebih mudah untuk diidentifikasi adalah bentuk tubuh. Platy jantan memiliki tubuh ramping yang memanjang, sedangkan platy betina berbadan bulat dan perutnya agak buncit.

Indukan platy yang siap bereproduksi berkisar pada umur 5 sampai 6 bulan. Pada usia ini ikan platy memasuki masa-masa produktif dalam hidupnya. Ukuran ikan indukan pada usia ini berkisar antara 3 sampai 6 cm. Kualitas indukan akan sangat berpengaruh pada keturunan ikan platy nantinya. Salah satu faktor yang menentukan kualitas indukan platy adalah kesehatan. Ikan platy yang sehat akan memiliki gerakan yang gesit dan lincah, tidak loyo.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Membudidayakan Ikan Platy

Sudah tentu kita memerlukan indukan platy untuk mengembangbiakkannya. Selain indukan jantan dan betina yang berkualitas, kita juga memerlukan tempat untuk pemijahan ikan. Ikan platy umumnya dibudidayakan dalam kolam semen berukuran 2 x 1 meter, dengan kedalaman kurang lebih 50 cm. Bisa juga menggunakan akuarium, dengan ukuran 80 x 40 x 40 cm. Gunakan air sumur yang sudah diendapkan selama semalam sebagai media ikan hidup dan hindari penggunaan air ledeng.