Metode Populer Dalam Textile Printing

By | January 28, 2018

Textile print merupakan bagian pada proses pemberian warna kainnya menggunakan zat warna dan dicetak desain, pola, corak sesuai dengan keinginan menggunakan sistem program komputerisasi sehingga lebih cepat, mudah dan lebih efektif. Textile dengan print biasanya digunakan dalam pembuatan kaos, sarung kursi, taplak meja, hijab, scraf, kerudung, kemeja, sarung, kain jarit dan masih banyak lainnya. Ini merupakan salah satu wujud dari perkembangan teknologi yang diperuntukkan untuk memudahkan pekerjaan manusia atau memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Cara tekstil printing ini telah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan konveksi, garment dan lainnya. Namun perlu Anda ketahui ada beberapa jenis tekstil printing mulai dari cara yang tradisional sampai dengan cara yang modern atau yang sering disebut dengan cara digital. Dan di dalam jenis tekstil printing ini ada beberapa metode yang di terapkan.

Apa Saja Metode Populer Dalam Textile Printing?

Textile print memiliki beberapa metode print kain yang umum atau popular di gunakan. Berikut ada 3 metode yang umum digunakan dalam tekstil printing yaitu:

1.Metode dengan tinta sablon

 

Sesuai dengan namanya pada metode ini digunakan pewarna yang merupakan tinta sablon. Pada metode ini seperti halnya menempelkan warna pada kain print tanpa terjadinya percampuran antara warna dasar kain print dengan tinta sablon tersebut.

 

  1. Metode hand press

Metode ini memiliki beberapa kelemahan seperti memiliki keterbatasan pada panjang atau area printingnya.

 

3.Metode sublime

Metode ini sangat bagus atau cocok digunakan atau diterapkan untuk media atau kain print yang berwarna putih dan tidak cocok untuk kain yang bermotif atau telah memiliki pola tertentu. Karena akan terjadi tumpang tindih pola nantinya. Metode ini menggunakan sistem transfer tinta atau zat warna ke media printing yang kemudian seterlah itu harus di press terlebih dahulu.

Berikut diatas merupakan beberapa metode dalam textile dengan printing. Dimana dalam penggunaan metode ini akan disesuaikan dengan kebutuhan, media atau kain print yang ada serta keinginan dari customer. Apabila Anda masih penasaran mengenai textile print atau kain print yang lainnya maka Anda dapat mencari informasi di internet. Semoga bermanfaat untuk Anda.