Model Kolam Budidaya yang Sesuai

By | January 10, 2018

Bagi Anda seseorang yang bergelut di budidaya ikan, memperhatikan model kolam ikan sangatlah penting, karena akan mempengaruhi manajemen pemeliharaan ikan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan lele misalnya pengaturan air. Dalam budidaya ikan lele, air termasuk salah satu faktor yang sangat penting. Jika pada ikan lain diusahakan agar air yang digunakan bersih, pada ikan lele air yang digunakan sebaiknya jangan terlalu bersih karena akan mengganggu pertumbuhan ikan tersebut. Lele terbiasa hidup di air yang keruh. Sebelum penebaran benih, sebaiknya air yang ada di kolam juga dipersiapkan terlebih dahulu agar siap ditebari benih ikan lele. Kemudian jika memelihara lele maka kolam terpal bulat merupakan model yang sesuai.

Kolam Terpal Bulat Mampu Mengurangi Kanibalisme

Kolam terpal adalah kolam ikan yang sisi-sisinya maupun dasarnya terbuat dari terpal. Kolam yang terbuat dari terpal tersebut sangat baik digunakan bagi yang ingin membudidayakan ikan. Penggunaan kolam tersebut sangat baik karena lebih efisien dan praktis. Jika Anda memelihara lele sebaiknya Anda menggunakan kolam terpal bulat, karena dengan kolam yang berbentuk bulat, akan menekan kanibalisme dari lele. Penggunaan kolam yang terbuat dari terpal sendiri dinilai lebih ekonomis jika dibandingkan pembuatan kolam ikan dari bahan beton maupun tanah. Kolam ikan yang terbuat dari terpal juga sangat mudah dipindahkan.

Jika Anda memesan kolam terpal bulat, kolam yang disediakan meliputi terpal, rangka weirmesh yang mempunyai ketebalan 6 ml, bonet (pelindung terpal) dan instalasi centrail drain. Semuanya telah disediakan dengan lengkap agar pemasangan kolam dapat dilakukan dengan mudah. Kemudian disediakan pula jasa pemasangan terpal akan tetapi hanya untuk wilayah Jabodetabek dengan minimal order lima buah kolam. Jika Anda kolam ikan terpal yang berbentuk bulat maka penyebaran difusi oksigen pada kolam akan lebih merata jika dibandingkan dengan kolam berbentuk kotak. Kemudian kolam ikan ini dapat bertahan hingga 5 tahun atau tergantung dari pemakaian. Demikian informasi mengenai model kolam yang sesuai untuk budidaya ikan lele, semoga bermanfaat.