Pencegahan Kambuhnya Penyakit Asma

By | May 5, 2018

Penyakit asma merupakan salah satu penyakit pernapasan yang diakibatkan adanya penyempitan pada saluran pernapasan sehingga menyebabkan sesak dan sulit bernapas. Penderita penyakit asma memiliki sistem pernapasan yang sangat sensitif. Jika udara yang dihirup mengandung banyak polusi dan debu, penyakit asma dapat kambut setiap saat. Udara yang berdebu, asap rokok, polusi kendaraan bermotor adalah hal-hal yang harus dihindari oleh penderita penyakit asma.

Pencegahan Kambuhnya Penyakit Asma

Penyakit asma yang kambuh tentu akan sangat mengganggu aktivitas yang akan kita lakukan. Asma yang kambuh juga sangat membahayakan keselamatan penderitanya jika tidak segera ditangani. Oleh karena itu, pencegahan penyakit asma sangat penting untuk dilakukan agar tidak kambuh. Hal pertama yang harus perhatikan adalah lingkungan rumah yang setiap harinya ditempati oleh kita.

  1. Memperhatikan kebersihan rumah

Penderita asma sangat sensitif terhadap debu dan udara yang kotor. Rumah yang berdebu akan memperburuk keadaan penderita asma. Oleh karena itu, kebersihan rumah harus sangat diperhatikan sebagai pencegahan kambuhnya penyakit asma. Mengganti seprei dan sarung bantal yang digunakan juga sangat penting karena debu juga banyak menempel di sana. Membersihkan barang-barang yang ada di dalam rumah juga perlu untuk dilakukan.

  1. Tidak memelihara hewan

Hewan peliharaan seperti kucing, anjing atau kelinci memang sangat lucu dan menggemaskan. Namun, bagi penderita asma, hewan lucu tersebut dapat membawa petaka untuk mereka. Bulu yang rontok dari hewan peliharaan dapat sangat mengganggu saluran pernapasan penderita asma. Belum lagi bakteri ataupun kuman penyakit yang mungkin saja dibawa oleh hewan tersebut. Jadi, penderita asma sangat tidak dianjurkan untuk memiliki hewan peliharaan.

  1. Selalu menyediakan obat

Kita tak akan pernah tahu kapan penyakit asma akan kambuh. Meskipun kita telah berusaha menjaga kebersihan lingkungan dengan sangat baik, ada kalanya asma akan tetap kambuh. Oleh karena itu, kita harus selalu siaga dan menyediakan obat asma. Penderita penyakit asma sangat disarankan memiliki obat asma lebih dari satu. Hal tersebut bertujuan agar jika salah satu obat habis, kita memiliki persediaan yang lain. Selain itu, obat asma juga harus selalu dibawa kemana pun penderita pergi.