Pengertian Dan Doa Mandi Wajib

By | April 16, 2018

Seorang muslim baik tua maupun muda yang telah balig sebaiknya tahu tata cara dan niat mandi wajib. Mandi wajib ini diwajibkan untuk seseorang yang memiliki hadast besar. Hadast besar hanya dapat disucikan dengan mandi wajib. Sebagaimana syarat sah sholat salah satunya adalah suci dari hadast besar dan hadast kecil. Mandi wajib dapat menyucikan Anda dari hadast besar maupun hadast kecil.

Pengertian Mandi Wajib

Mandi wajib bukan seperti mandi yang biasa Anda lakukan pagi dan sore. Mandi ini memiliki cara dan doa tersendiri. Sebelum melangkah ke tata cara dan niat mandi wajib, sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu pengertian dari mandi wajib. Menurut istilah, mandi wajib memiliki pengertian yaitu mengalirkan air yang suci dan menyucikan ke seluruh tubuh dengan doa dan tata cara tertentu. Tujuan dari mandi wajib untuk menyucikan tubuh dari hadast besar dan hadast kecil.

Kadang ada orang yang menyebut mandi besar, ada pula yang menyebut mandi wajib dan ada pula mandi junub. Namun, sebenarnya hanya berbeda pengucapan saja. arti, makna, doa dan tata cara mandi wajib sama saja. Adapun sebab-sebab seseorang wajib untuk melakukan mandi wajib atau mandi junub yaitu:

  • Wiladah

Seseorang selepas wiladah atau melahirkan wajib untuk melakukan mandi wajib atau junub.

  • Wanita selesai haid dan nifas

Apabila telah selesai waktu haid dan nifas maka seorang wanita sebaiknya menyegerakan mandi wajib untuk kemudian melaksanakan sholat fardu.

  • Keluar mani

Seseorang yang keluar mani akibat berhubungan badan, mimpi basah atau kegiatan lainnya wajib untuk mandi wajib.

  • Wafat

Orang muslim yang wafat atau meninggal dunia wajib dimandikan dan nama mandinya adalah mandi wajib.

  • Berhubungan suami istri

Bagi suami istri selepas berhubungan sebaiknya segera melakukan mandi wajib agar saat tiba waktu shalat segera melaksanakan ibadah shalat fardu.

Demikian tadi beberapa pengertian, sunah dan sebab-sebab seseorang wajib mandi besar. Niat mandi wajib dapat Anda baca di artikel selanjutnya dan semoga informasi ini bisa bermanfaat.