Pentingnya Merawat Kesehatan Telinga

By | March 1, 2018

Telinga merupakan salah satu indra yang sangat penting. Sebagai alat pendengar, telinga memang memiliki peran yang sangat penting bagi semua orang. Saat telinga normal dan sehat, maka kita bisa mendengar dengan baik. Sebaliknya, jika telinga mengalami masalah, maka kita akan mengalami kendala dalam mendengar, sehingga aktivitas komunikasi dengan orang lain juga akan terganggu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan telinga merupakan hal yang sangat penting. Namun, masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya menjaga indra pendengaran yang satu ini. Bahkan, beberapa di antaranya sampai mengalami gangguan pendengaran karena kurang memperhatikan kesehatan telinga. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga telinga agar tetap sehat?

Tips Menjaga Kesehatan Telinga Agar Sehat Dan Mampu Mendengar Dengan Baik Hingga Hari Tua

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan telinga agar tetap berfungsi dengan baik:

  • Bersihkan telinga secara rutin, namun jangan terlalu sering. Terlalu sering memasukkan alat pembersih kotoran di telinga ternyata bukan hal yang baik. Oleh karena itu, jangan melakukannya terlalu sering.
  • Gunakan alat pembersih telinga yang aman. Jangan membersihkan telinga dengan benda-benda yang terlalu tajam. Selain itu, pelajarilah bagaimana cara membersihkan telinga dengan baik. Biasanya, saat orang-orang membersihkan telinga akan memasukkan alat pembersih telinga hingga ke dalam. Padahal, hal ini tidak boleh di lakukan karena dapat merusak gendang telinga. Jadi, pastikan bahwa Anda hanya membersihkan telinga pada lubang di bagian luar saja.
  • Jangan terlalu sering mendengarkan musik menggunakan headset, terlebih jika dilakukan menggunakan volume yang keras. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa menggunakan headset dengan volume keras dapat menyebabkan fungsi telinga menjadi terganggu. Jadi, hindarilah kebiasaan yang demikian.

Nah, hal yang tidak kalah penting adalah melakukan pemeriksaan telinga secara rutin pada dokter khusus telinga. Dengan memeriksa kesehatan telinga secara rutin, maka kita bisa mengetahui bagaimana kondisi telinga yang sebenarnya. Jika ternyata terdapat masalah, maka dapat segera diatasi atau diobati agar tidak semakin parah. Yuk, jaga kesehatan telinga sedini mungkin!