Periksa Dan Teliti Kembali Makanan Anda Sebelum Dikonsumsi

By | March 27, 2018

Artikel kali ini akan membahas mengenai ciri-ciri makanan yang bersih dan sehat. Paradigma sehat yang saat ini telah bergeser dari pengobatan menjadi penanggulangan dan pencegahan penyakit membuat masyarakat harus semakin waspada. Makan merupakan salah satu aktivitas yang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia kecuali ketika sedang berpuasa. Namun saat berbuka dan sahur pun tentunya tetap melakukan interaksi dengan makanan.

Waspada Makanan Yang Dapat Menyebabkan Penyakit

Asupan makanan dapat mempengaruhi pada kejadian penyakit infeksi. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan keadaan sosial ekonomi. Keadaan sosial ekonomi akan berpengaruh pada kemampuan daya beli seorang individu. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menerbitkan pedoman gizi seimbang dalam bentuk tumpeng dengan berbagai menu yang bervariasi ditambah dengan aktivitas fisik yang rutin. Tumpeng gizi seimbang ini dapat menjadi patokan Anda saat hendak menyusun menu untuk konsumsi sehari-hari

Sebenarnya makanan merupakan salah satu hal yang tidak secara langsung menjadi penyebab penyakit. Makanan merupakan perantara dari suatu virus maupun bakteri penyebab bakteri yang kemudian masuk ke dalam tubuh manusia ketika dikonsumsi. Hal ini membuat Anda harus waspada apalagi ketika membeli makanan yang sudah dimasak dari luar.

Komposisi makanan dan teknik pemasakan yang dilakukan oleh orang lain tentunya tidak dapat Anda ketahui secara detail sehingga tidak dapat mengetahui apakah makanan yang hendak Anda beli itu dalam keadaan bersih dan sehat atau tidak. Sebenarnya untuk mengetahui makanan yang sehat dan bersih atau tidak yaitu dengan cara pemeriksaan fisik, kimia, maupun biologi. Namun saat ini Anda dapat menggunakan cara pemeriksaan fisik makanan untuk memastikan keamanan pangan. Aspek fisik apa sajakkah yang perlu Anda ketahui dari suatu makanan? Mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

  • Tidak Ada Batu Atau Kerikil

Batu dan kerikil yang mungkin pernah Anda temui pada nasi merupakan salah satu ciri fisik yang pertama yang perlu Anda curigai. Apabila menemukan batu pada nasi kemungkinannya ada pada saat proses pencucian, pemasakan, atau bahkan saat penyajian.

  • Tidak Ditemukan Helaan Rambut

Kebersihan orang yang memasak pun dapat diketahui dari kandungan rambut pada makanan.