Perkembangan Popularitas Anime Di Dunia

By | April 11, 2018

Anime yang berasal dari Jepang memang salah satu anime yang sangat populer di dunia. Bahkan dalam mesin pencarian Google, anime menjadi kata kunci yang sangat banyak dicari dalam beberapa tahun belakangan ini. Walaupun anime sudah jarang ditayangkan di saluran televisi lokal, khususnya di Indonesia. Download anime Indonesia masih dapat dilakukan oleh penggemar anime seiring dengan kemajuan teknologi computer dan internet yang semakin canggih. Popularitas anime juga semakin meningkat karena sudah dapat di download di berbagai situs yang menyediakan anime di internet.

Popularitas Anime Di Dunia

Walaupun ada begitu banyak berita yang menyatakan popularitas anime semakin meredup, berita tersebut tidaklah benar adanya. Bahkan sebaliknya, popularitas anime saat ini semakin meningkat. Data menyebutkan bahwa pada tahun 2016 kata kunci anime menjadi yang paling banyak dicari oleh pengguna internet. Hal tersebut menunjukkan bahwa popularitas anime masih saja belum menurun. Selain itu, masyarakat Indonesia juga masih banyak yang download anime Indonesia subtitle dengan rajin setiap episode baru yang diupdate.

Sejarah Kemunculan Anime

Sejak pertama kali muncul di saluran TV Jepang pada tahun 1960an, anime kemudian dikenal oleh masyarakat Jepang sebagai tontonan anak-anak yang masih menyajikan cerita sederhana. Kebanyakan cerita menyajikan tentang bagaimana kebaikan akan menang melawan kejahatan. Cerita sederhana atapi sangat menghibur dan memiliki pesan moral yang penting. Seiring dengan perkembangannya, anime kemudian mulai dikenal di Negara-negara lain seperti di Amerika Serikat. Anime Astro Boy menjadi anime pertama yang diputar di Amerika Serikat.

Penyebaran anime kemudian tidak hanya di Amerika Serikat, tapi juga populer di Negara-negara lain seperti Filipina, Arab Saudi, Indonesia, Malaysia dan Negara-negara lainnya. Filipina menjadi Negara kedua setelah Jepang yang memiliki banyak sekali otaku, para pencinta anime. Perkembangan anime juga bukan hanya sebatas tontonan dan download anime Indonesia subtitle bagi para pencinta anime, namun kecintaan mereka pada anime juga menjalar pada beberapa event seperti cost play, pameran anime, ataupun event-event budaya Jepang.