Perlunya Pembuatan Surat Izin Usaha

By | May 22, 2018

Sekarang ini, kita banyak menjumpai banyak perusahaan yang didirikan oleh masyarakat Indonesia mulai dari usaha mikro hingga usaha makro. Dalam pendirian usaha ini kita memerlukan surat izin usaha. Tanpa adanya surat izin ini kita masih bisa melakukan klaim dengan muda ke perusahaan tersebut. Bahkan perusahaan dapat dibubarkan jika tidak memiliki surat ini.

Mengapa Surat Izin Untuk Usaha Penting?

Surat izin untuk usaha ini sangatlah penting, karena dengan adanya surat izin ini perusahaan yang kita miliki dilindungi oleh hukum. Jadi jika suatu hari kita terlibat dalam sebuah sengketa, kita akan lebih mudah dalam menyelesaikan sengketa tersebut. Jika kita tidak memiliki surat izin ini, bisa saja kita digusur dan perusahaan yang kita miliki digusur.

Dengan adanya surat izin yang sah ini kita juga bisa lebih mudah dalam melakukan penentuan hukum yang berlaku, yang mungkin hal ini menguntungkan bagi perusahaan. Jadi sudah seharusnya kita membuat surat izin usaha ini sedari kita mendirikan perusahaan tersebut. Jangan sampai saat kita telah terkena sengketa kita baru mendaftarkan perusahaan kita ke lembaga pembuat surat izin.

Bagaimana Cara Pembuatan Surat Izin Untuk Usaha?

Pembuatan surat izin ini sangatlah mudah, kita bisa saja langsung mendatangi dinas perdagangan setempat yang terdapat di daerah mana kita tinggal. Umumnya untuk dinas ini bisa kita temukan di kabupaten atau kota kita tinggal. Dengan membawa beberapa persyaratan yang harus dilengkapi untuk pembuatan surat perizinan usaha tersebut.

Beberapa surat yang mungkin diperlukan dalam pembuatan surat izin ini di antaranya identitas pemilik perusahaan atau petinggi perusahaan, formulir pembuatan surat izin, administrasi perusahaan yang akan kita daftarkan surat izinnya, dan persyaratan lainnya yang bisa kita tanyakan pada lembaga yang bersangkutan.

Sudahkah kalian mendaftarkan surat izin usaha untuk perusahaan yang kalian miliki? Segera daftarkan perusahaan kalian di dinas perdagangan atau jajarannya yang berhak mengeluarkan surat izin tersebut. Atau jika kalian kesulitan, kalian bisa mengunjungi biro jasa yang menyediakan jasa untuk pembuatan surat izin.