Pilihan Bahan Kaos Kaki Sekolah

By | January 6, 2017

Sebagai orang awam mungkin kita tidak terlalu mengenal jenis bahan kain yang digunakan untuk memproduksi kaos kaki. Padahal dengan mengenal bahan kaos kaki kita tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik agar tidak mudah rusak. Terutama untuk para siswa sekolah yang sering menggunakan kaos kaki berlogo sekolah. Jika cepat rusak, untuk membelinya lagi mungkin sulit karena tergantung ketersediaannya di sekolah.

Ragam Bahan Kaos Kaki

Ada banyak macam bahan kaos kaki yang digunakan oleh para pembuat kaos kaki. Bahan ini bervariasi dari material dan karakteristiknya. Tingkat ketebalannya pun juga beragam. Beberapa jenis kaos kaki tidak pas untuk digunakan sebagai bahan kaos kaki sekolah. Di bawah ini beberapa bahan yang paling sering digunakan untuk bahan kaos kaki siswa sekolah.

  1. Kaos Kaki Spandek

Istilah spandek mungkin tidak asing lagi bagi sebagian dari kita. Kaos kaki spandek memiliki karakteristik yang sangat nyaman digunakan dan cocok untuk membuat kaos kaki berlogo sekolah. Bahan jenis ini mampu menyerap keringat dengan baik sehingga kaki dan sepatu tidak mudah bau.

Namun, bahan ini juga memiliki kekurangan. Apabila tidak dirawat dengan tepat kaos kaki dengan bahan ini mudah berbulu. Terutama jika cara mencucinya salah seperti menggunakan sikat atau dengan menggosok terlalu kasar.

  1. Kaos Kaki Polyester

Polyester adalah bahan sintesis yang berasal dari bijih plastik. Bahan jenis polyester cukup sering digunakan sebagai bahan kaos kaki logo sekolah. Bahan ini sering menjadi pilihan sebab harganya terbilang sangat murah dibanding bahan jenis lain. Tetapi secara kualitas, bahan ini cukup licin dan kurang baik dalam menyerap keringat.

  1. Kaos Kaki Nylon

Bahan lain yang sering digunakan sebagai bahan kaos kaki adalah nylon. Bahan ini sebetulnya sering digunakan untuk campuran bahan kaos kaki lainnya karena sifatnya yang lentur. Karakter bahannya menyerupai stocking namun lebih tebal. Selain itu, teksturnya lebih lembut daripada stocking sehingga cukup nyaman digunakan. Namun, kaos kaki berlogo sekolah dengan rajutan atau bordir serat benangnya mudah tertarik sehingga kaos kaki akan berlubang.