Pola Kehidupan Rakyat Kerajaan Sunda

By | January 23, 2018

Kerajaan Sunda merupakan kerajaan yang berdiri di daerah Jawa Barat. Kerajaan Sunda ini memiliki cukup banyak peninggalan sejarah yang berbentuk prasasti. Namun untuk peninggalan sejarah dalam bentuk Candi bisa dikatakan jarang bahkan tidak ada. Hal ini disebabkan karena pola kehidupan masyarakat kerajaan Sunda selalu berpindah tempat. Mereka berladang mencari tempat lahan yang subur. Dengan demikian maka tempat tinggal dan tempat pemujaan pun juga berpindah-pindah.

Masyarakat Kerajaan Sunda Jawa Barat

Berbicara mengenai pemujaan, hal ini sangat berkaitan erat dengan kehidupan budaya dalam sejarah kerajaan Sunda ini. Dalam kitab Parahyangan dan dewa Budha menceritakan bahwasanya Sebagian besar masyarakat yang ada di kerajaan Sunda itu mendapatkan banyak pengaruh dari Budha dan Hindu. Dan selanjutnya kedua kebudayaan itu menyatu dengan unsur budaya yang dimiliki oleh leluhur yang sebelumnya sudah ada.

Dan jika berbicara mengenai kehidupan ekonomi masyarakat kerajaan Sunda sebagian besar adalah pertanian. Bahkan hasil dari bertani itu menjadi penghasilan pokok bagi kerajaan. Ada berbagai hasil pertanian yang dihasilkan oleh rakyat kerajaan Sunda yakni seperti halnya beras, rempah, buah, dan sayur. Namun disisi lain juga ada masyarakat yang beternak hewan. Dan kemudian hasil ternak ini dijual belikan di pelabuhan.

Dan menurut sejarah kerajaan Sunda yang tercatat, kerajaan Sunda mempunyai sejumlah 6 pelabuhan yang sangat penting di mana di setiap Pelabuhan memiliki kepala yakni Syahbandar. Dan pada dasarnya Syahbandar memiliki tanggung jawab terhadap Raja serta melakukan segala tindakan dengan membawa nama raja di setiap pelabuhan. Nama-nama Pelabuhan itu antara lain adalah negara Pontang Banten, Cigede, Cimanuk, dan Kalapa.

Bahkan dalam kehidupan ekonomi kerajaan Sunda ini menjalin kerja sama dengan bangsa dan negara lain. mereka melakukan perdagangan yang saling menguntungkan sehingga mampu menyejahterakan masyarakat kerajaan. Pada beberapa masa kejayaan kerajaan Sunda, masyarakat mendapatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial secara merata. Dan dalam sejarah kerajaan Sunda dijelaskan bahwasanya ada masa dimana mereka dipimpin oleh raja yang sangat patuh terhadap ajaran agama.