Prosedur Mudah Pembuatan Visa

By | April 12, 2018

Visa merupakan dokumen penting selain paspor yang harus kita miliki saat pergi ke luar negeri. Dengan memiliki visa itu artinya kita bisa memasuki wilayah suatu negara secara sah atau legal. Maka dari itu, sebelum kita melakukan perjalanan ke luar negeri, kita wajib mengurus visa terlebih dahulu.

Prosedur mengurus visa kita lakukan di kedutaan besar negara tujuan kita. Cara membuat visa itu sendiri secara umum memang sama antara negara yang satu dengan yang lainnya. Anda harus mengikuti prosedur-prosedur yang telah ditetapkan oleh instansi terkait untuk penerbitan visa Anda. Selain itu juga visa yang akan Anda ajukan juga harus disesuaikan dengan tujuan Anda mengunjungi suatu negara tersebut.

Jenis Dan Tujuan Pembuatan Visa

Secara umum, visa dibedakan dari fungsi atau kegunaan visa di negara tujuan. Ini ditentukan berdasarkan maksud atau tujuan Anda mengunjungi negara tersebut. Ada visa kunjungan wisata, visa kerja, visa diplomatik, dan lain sebagainya. Namun demikian, cara membuat visa tersebut sebenarnya hampir sama.

Yang paling sering diajukan oleh masyarakat Indonesia adalah visa kunjungan wisata. Ini merupakan dampak dari populernya wisata mancanegara yang dilakukan oleh orang Indonesia. Masa berlaku visa kunjungan wisata bervariasi, tergantung dari negara penerbit visa. Ada yang berlaku hanya 14 hari, hingga ada pula yang berlaku selama 1 bulan.

Persyaratan Pembuatan Visa Kunjungan Wisata

Untuk memuat visa kunjungan wisata tidaklah sulit. Anda hanya perlu melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh kedutaan besar negara terkait. Dokumen yang Anda perlu persiapkan adalah paspor yang masih berlaku setidaknya selama 6 bulan kedepan. Paspor merupakan dokumen penting yang menunjukkan identitas Anda di dunia internasional.

Selain paspor, Anda juga perlu mengisi formulir pengajuan visa. Formulir ini bisa Anda dapat di kantor kedutaan besar negara tujuan Anda, atau Anda juga bisa mengisi formulir secara online. Cara membuat visa kunjungan secara online ini memang sangat praktis dan banyak dipraktikkan oleh banyak negara sebab metode ini tidak memakan banyak waktu.

Yang terakhir, Anda perlu membayar sejumlah uang untuk biaya administrasi. Biaya administrasi pembuatan visa biasanya ditransfer ke rekening kedutaan besar. Jumlahnya bervariasi, tergantung darri kebijakan negara tersebut.