Proses Pengiriman Barang Ke Luar Negeri

By | May 17, 2018

Dengan banyaknya kemudahan dari ekspedisi pengiriman JNE sekarang ini, tidak perlu pusing lagi dalam melakukan kegiatan pengiriman barang bahkan hingga luar negeri. Untuk menjaga keamanannya, selalu cek resi JNE yang Anda terima dari perusahaan tersebut. Karena mengirim barang ke luar negeri tentunya tidak semudah mengirim barang di dalam negeri.

Tak Hanya Dalam Negeri, Keluar Pun Bisa

Akan berbeda dengan aktivitas pengiriman barang dalam negeri atau antar kota, mengirim barang ke luar negeri justru harus menerapkan beberapa trik yang benar karena harus melewati beberapa tahapan khusus. Jelas berbeda, karena urusan perizinan jika ingin mengirim barang ke luar negeri harus melewati beberapa tahap yang tidak banyak orang tahu atau singkat cerita, proses perizinan pengiriman barang lebih sulit dibanding dalam negeri.

Tentunya saat sudah mulai waktu pengiriman, Anda harus tetap selalu cek resi JNE Anda untuk memastikan barang yang Anda kirim dalam status apa dan berlokasi dimana. Untuk lebih singkatnya, proses pengiriman manca negara, harus melalui proses seperti berikut.

  1. Permohonan Pengiriman Barang

Untuk mengirim barang ke luar negeri pada dasarnya sama dengan mengirim barang dalam negeri. Akan tetapi memang formulir pengirimannya lebih ketat dan lebih detail. Anda harus mengajukan permohonan pengiriman barang langsung kepada JNE atau dengan memanggil kurir untuk mendatangi kediaman Anda dan membawa barang yang akan Anda kirim.

  1. Memberikan Informasi Terkait Pengiriman

Setalah selesai mengajukan permohonan pengiriman, Anda harus tetap menyertakan informasi lengkap mengenai hal pengiriman dan penerimaan barang. Informasi dan jenis pengiriman tentu akan berbeda dengan biasanya. Karena jenis pengiriman juga ada beberapa alternatif yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

  1. Membayar Jasa Pengiriman

Setalah semua tahap diatas sudah selesai, Anda akan langsung ditarik bayaran untuk melakukan pengiriman tersebut. Tentunya akan berbeda harga luar dan dalam negeri. Ada 2 jenis pengiriman dari perusahaan yang ditawarkan apakah via laut atau udara. Setelah semua selesai dilakukan, tetap selalu cek resi JNE yang Anda terima di akhir transaksi untuk melacak keberadaan barang kiriman Anda nantinya.