Rahasia Kunci Sukses Ala Chairul Tanjung

By | June 19, 2018

Indonesia memiliki beberapa pebisnis handal yang sudah berhasil mengembangkan bisnis mereka menjadi kerajaan bisnis besar di Indonesia. Salah satu yang sangat menginspirasi banyak orang karena keuletan dan sikap pantang menyerahnya adalah Chairul Tanjung. Penguasa bisnis maia Chairul Tanjung telah sukses membangun kerajaan bisnisnya mulai dari nol sejak beliau masih berada di bangku perkuliahan. Bukan hanya dibidang hiburan saja, beliau juga memiliki beberapa bidang bisnis lain seperti perbankan, furnitur, dan ritel.

Kunci Sukses Bisnis Ala Chairul Tanjung

Setiap pebisnis memiliki kunci sukses mereka sendiri hingga dapat membangun dan bertahan dalam dunia bisnis yang sangat kejam. Bisnis maia Chairul Tanjung juga bukanlah bisnis yang dibangun dalam waktu singkat. Terdapat rahasia atau kunci sukses hingga bisnis tersebut dapat berkembang pesat seperti saat ini. Berikut ini beberapa kunci sukses Chairul Tanjung dalam menjalankan kerajaan bisnisnya hingga saat ini.

  1. Financial

Modal adalah point penting ketika akan mulai menjalankan bisnis. Bagaimana bisnis dapat berjalan ketika modal tidak dimiliki oleh pebisnis yang bersangkutan. Seorang Chairul Tanjung memang bukan berasal dari keluarga kayak karena beliau memulai bisnis ketika kondisi keuangan keluarga sedang kacau. Namun, dengan kerja keras beliau dapat membangun bisnisnya sejak masih menjadi mahasiswa hingga saat ini. Tentu saja perjalanan beliau diwarnai dengan lika-liku dan kegagalan.

  1. SDM

Menjalankan bisnis memang dapat dilakukan seorang diri. Namun ketika bisnis tersebut telah berkembang, kita membutuhkan bantuan orang lain untuk mengurus bisnis tersebut. Memilih orang untuk menjadi rekan bisnis haruslah dilakukan dengan hati-hati agar kontribusinya bermanfaat untuk bisnis yang kita jalankan. Tim yang cerdas dan kompak tentu akan membuat bisnis berkembang dengan baik.

  1. Rekan bisnis

Selain rekan kerja, menjalankan bisnis juga membutuhkan rekan bisnis yang akan kita ajak untuk berkolaborasi dalam membangun bisnis baru. Terlebih bisnis maia Chairul Tanjung, tentu saja memerlukan banyak rekan bisnis. Itulah mengapa menjaga hubungan baik dengan siapa pun harus kita tekankan meskipun bidang yang kita jalani bukanlah bisnis.