Sayangi Kesehatan Jantung Sejak Dini

By | March 17, 2018

Jantung merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting. Tanpa adanya jantung kita tidak akan bisa hidup. Penyakit organ dalam ini merupakan salah satu faktor penyebab kematian seseorang. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari penyakit yang satu ini tentunya dengan mengubah kebiasaan hidup kita menuju kebiasaan yang lebih sehat.

Hal Penting Harus Diingat Untuk Kesehatan Jantung Kita

Salah satu hal yang harus dihindari adalah rokok. Rokok menjadi faktor utama seseorang memiliki jantung yang tidak sehat. Bahan zat kimia yang terdapat pada tembakau akan merusak pembuluh darah dan jantung. Selanjutnya arteri akan mempersempit akibat adanya tumpukan plak.

CO atau karbon monoksida yang terkandung pada asap rokok akan sebagian menggantikan posisi oksigen, sehingga jantung akan lebih bekerja untuk mengembalikan pasokan oksigen yang berkurang.

Selain menghindari rokok, ada hal lain yang dapat membantu kita menghindari serangan jantung, yaitu berolahraga. Cobalah untuk membiasakan olahraga cukup 30 menit saja tetapi dilakukan setiap hari. Kegiatan fisik tentunya dapat sangat membantu mengontrol berat badan dan pastinya akan menghindari kita menjadi terlalu gemuk atau gejala obesitas. Cukup dengan berlari atau jalan dengan cepat setiap harinya.

Hal lainnya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat sangat beragam, salah satu makanan sehat yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan. Hindari konsumsi garam, maksudnya adalah jangan terlalu banyak mengonsumsi garam. Garam itu sendiri berasal dari banyak sumber. Salah satunya yaitu dari bahan penyedap makanan yaitu MSG. Selain menghindari garam, kita juga harus menghindari kandungan gula pada makanan.

Pokoknya kita harus selalu menjaga berat badan kita pada tingkatan proporsional atau ideal. Karena berat badan berlebih atau obesitas akan lebih sering dan lebih mudah terserang penyakit jantung. Waktu tidur atau istirahat yang cukup juga akan menghindari penyakit jantung. Biasanya untuk orang dewasa, butuh 8 sampai 9 jam waktu tidur. Agar kita bisa mengerti waktu tidur kita tepat yaitu dengan melihat kondisi saat kita bangun. Jika kita bangun segar tanpa harus menunggu alarm, berarti waktu tidur kita cukup. Dan jika kita susah bangun atau beranjak dari tempat tidur, maka waktu tidur kita kurang.