Sholat Sunnah sebagai Penyempurna Sholat Wajib

By | June 10, 2018

Sholat sunnah adalah penyempurna ibadah kita. Kita mungkin banyak merasakan kekurangan dalam melaksanakan ibadah wajib kita kepada ALLAH. Sering kali kita kesulitan dalam menjaga kekhusyukan dalam sholat, dan kita sering kali memikirkan hal lain selain ALLAH pada saat sholat. Maka dari itu kita seringkai diingatkan oleh guru kita bahwa kita harus memperkuat ibadah kita dengan melaksanakan ibadah sunnah. Salah satu ibadah sunnah yang sering dianjurkan adalah melaksanakan sholat tahajud dengan meluruskan niat sholat Tahajud tersebut.

Sholat Tahajud adalah sholat malam yang dilaksanakan setelah sholat Isya. Dilaksanakannya setelah Anda bangun tidur, dan waktu yang paling utama untuk melaksanakannya adalah pada dua pertiga malam terakhir. Atau sekitar pukul 3 hingga setengah 4 pagi. Ini adalah waktu yang cukup sulit untuk bangun, karena biasanya pada jam itu kita sedang nyenyak-nyenyaknya tidur.

Keutamaan Sholat Tahajud yang Amat Tinggi

Karena itulah ibadah sholat sunnah tahajud cukup menantang bagi kebanyakan orang. Tidak heran jika melaksanakan dan memantapkan niat sholat tahajud akan memberikan keutamaan dan juga pahala yang amat sangat besar. Disebutkan bahwa waktu pelaksanaan sholat ini adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa kepada ALLAH Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Rasulullah SAW pun pernah bersabda kepada para umatnya untuk mengerjakan sholat malam. Beliau memberitahukan bahwa kebiasaan bangun pada tengah malam dan mengerjakan sholat merupakan kebiasaan para orang sholeh yang hidup sebelum umat beliau. Ini merupakan jalan atau cara untuk mendekatkan diri dengan ALLAH SWT, dan juga sebagai cara untuk melebur dosa-dosa atau kejahatan, dan juga untuk mencegah perbuatan dosa serta menghindarkan diri dari penyakit.

Maka semakin jelas manfaat, keutamaan, dan juga pahala yang begitu besar akan kita dapatkan apabila kita melaksanakan sholat malam atau sholat tahajud. Apa lagi jika kita benar-benar meluruskan niat sholat Tahajud kita, lalu berzikir kepada ALLAH. Kelak kita akan menjadi umat yang beruntung di dunia dan di akhirat. Jangan sekali-kali meremehkan ibadah sunnah, karena ibadah sunnah adalah penyempurna ibadah kita, dan sebagai tolak ukur keimanan dan ketaqwaan kita.