Sukses Dari Usaha Budidaya Ikan

By | June 13, 2018

Namanya manusia pasti akan membutuhkan uang, uang ini bisa didapatkan dari bekerja dan juga berwiraswasta. Untuk usaha sambilan yang bisa dijalankan dan bisa menghasilkan uang adalah dengan membudidayakan ikan. Memang kebutuhan ikan itu tidak akan ada habisnya hampir setiap saat ada saja yang membeli ikan, dengan melihat potensi tersebut maka usaha ternak ikan sangatlah cocok untuk dilakukan.

Tips Memilih Ikan Yang Dibudidayakan

Dalam setiap usaha yang dilakukan maka akan ada kerugian dan juga keuntungan, semua itu terjadi tergantung dari pelaku usaha. Jika ingin merasakan keuntungan secara terus menerus dari usaha ternak ikan ini maka kita harus mengetahui apa saja yang hal yang membuat usaha ini sukses. Salah satunya adalah memilih ikan yang akan dibudidayakan dan tips memilih ikan yang benar adalah sebagai berikut.

  • Pilih Ikan Yang Cepat Besar

Jika ingin sukses ternak ikan maka kita harus memilih ikan yang cepat besar supaya masa panen juga akan singkat. Karena ikan yang susah besar akan membuat biaya akan menjadi banyak, jelas ini tidak akan bisa tertutupi dengan hasil panen yang didapatkan. Jadi untuk mengurangi biaya tersebut ikan yang ukurannya cepat besar menjadi pilihan terbaik. Contoh ikan yang masa panennya itu cepat adalah ikan lele.

  • Pilih Ikan Dengan Daya Hidup Yang Kuat

Ikan yang harus dipilih adalah ikan yang tidak mudah mati jika diternakkan, memang dalam usaha ini ada kemungkinan dari 100 bibit ikan yang akan bisa dipanen hanya setengahnya saja. Untuk memperbesar hasil panen maka pilihlah ikan yang bisa hidup dilingkungan mana saja, baik itu di lingkungan udara dingin dan panas. Salah satu ikan yang memang bisa hidup dengan kondisi seperti itu adalah ikan mujair.

  • Ikan Yang Harganya Mahal

Untuk usaha ini memang akan membutuhkan biaya yang besar jadi untuk menutupi semua biaya tersebut maka lebih baik membudidayakan ikan yang harga di pasaran itu mahal. Jadi setiap panen kita masih bisa merasakan keuntungan, contohnya adalah ikan gurameh.