Syarat Mutlak untuk Mendapatkan Izin Pendirian PT

By | April 3, 2018

Untuk memperkuat legalitas perusahaan, Anda harus mendapatkan izin pendirian perusahaan yang sah. Selain itu, dengan adanya dokumen resmi dari pihak yang berwenang akan membuat proses yang ada di dalam perusahaan Anda semakin lebih mudah. Untuk pendirian PT, biasanya Anda harus memiliki beberapa dokumen penting yang membuktikan bahwa perusahaan Anda sah dan memiliki perlindungan hukum yang kuat. Lalu, bagaimana cara mendapatkan dokumen-dokumen tersebut? Dan, apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut ulasan singkatnya.

Persyaratan yang Harus Dimiliki untuk Mengajukan Izin Pembuatan PT

Untuk pendirian PT, ada beberapa syarat mutlak yang harus Anda ikuti. Berikut adalah persyaratan untuk mendirikan sebuah PT:

  • Jumlah Pendiri dan Status Kewarganegaraannya

PT yang merupakan Perseroan Terbatas memiliki sistem kepemilikan lebih dari satu orang. Sebuah perusahaan akan dimasukkan ke dalam kategori PT jika memiliki sumber modal berupa saham dari beberapa orang. Dengan demikian, jumlah pendiri dari PT minimal adalah dua orang. Selain itu, beberapa pendiri tersebut merupakan WNI (Warga Negara Indonesia).

  • Nama Perusahaan yang Jelas

Tak hanya pendiri yang jelas, Anda juga harus memiliki nama perusahaan yang sangat jelas. Hindari kemiripan nama perusahaan Anda dengan perusahaan lainnya. Dengan demikian, kemungkinan adanya penolakan pendaftaran untuk izin perusahaan Anda semakin kecil. Biasanya nama PT tidak boleh sama dengan lainnya. Untuk itu, pastikan bahwa nama PT Anda belum hadir.

  • Modal Perusahaan

Untuk Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) terbagi menjadi beberapa kelas berdasarkan besaran modal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Untuk skala kecil, modal perusahaan minimal 50 juta sedangkan skala menengah minimal 500 juta. Lalu, untuk skala besar minimal modal sebesar 10 miliar.

Selain hal-hal di atas, ada beberapa jenis dokumen yang harus Anda persiapkan untuk pendirian PT. Dokumen-dokumen yang wajib dipersiapkan adalah kartu-kartu identitas para pendiri perusahaan, Kartu Keluarga dan Pas Foto Salah Satu (Calon) Direktur, bukti PBB dan Sertifikat Tanah atau Surat Perjanjian Penyewaan Gedung Perusahaan, dan juga cap perusahaan yang sah untuk kekuatan perusahaan Anda.