Tahap Pertumbuhan Bayi Dari Bulan Ke Bulan

By | February 14, 2018

Pertumbuhan bayi berjalan dengan sangat cepat, sejak janin di dalam rahim, terlahir menjadi bayi yang belum dapat melakukan apapun, hingga menjadi balita yang mulai bisa berjalan. Semua hanya memerlukan waktu 9 ditambah 12 bulan dengan perkembangan yang baru dan menarik di setiap bulannya. Sebagai orang tua, tentu Anda kerap bertanya-tanya tentang tahap tumbuh kembang si buah hati berikutnya dan apakah sudah sesuai dengan target. Akan tetapi Anda tak perlu untuk terlalu fokus dan cemas akan tahap tumbuh kembang bayi Anda, sebab tiap bayi berbeda. Sebagai contoh, ada yang mengucap kata pertamanya di usia 8 bulan, ada juga yang baru berbicara setelah 1 tahun. Sementara untuk langkah pertama dari masing-masing bayi juga sangat beragam mulai usia 9 bulan hingga 1,5 tahun.

Tahap Tumbuh Kembang Bayi Setiap Bulannya

Berikut pembahasan singkat mengenai tahap-tahap tumbuh kembang bayi dari bulan ke bulan. Yang paling penting tahap pertumbuhan bayi bukanlah soal batas waktu.

  • Tumbuh kembang bayi usia 1 bulan

Menggerakkan kepala, mencengkeram kuat, menatap jari-jari tangan, mengikuti gerak dengan mata.

  • Tumbuh kembang bayi usia 2 bulan

Menahan leher dan kepala sejenak ketika telungkup, membuka serta menutup tangan, memukul tanpa arah, mulai bermain jari-jari, membuat isyarat, tersenyum responsif, melakukan kontak mata.

  • Tumbuh kembang bayi usia 3 bulan

Meraih dan memegang benda, kepala tegak ketika digendong, mulai merasakan beban di kaki, menggenggam benda dengan tangannya, meninju dan mengisap ibu jari, bergumam dan memekik, meniru Anda ketika Anda melakukan gerakan menjulurkan lidah, dan mulai tertawa.

Sekali lagi, yang perlu Anda ingat sebagai orang tua adalah bahwa ketepatan waktu pada tahap-tahap tumbuh kembang bayi Anda seperti kapan saatnya bayi Anda mulai duduk atau mengucap kata pertama bukanlah hal yang paling penting. Yang terpenting adalah buah hati Anda bergerak maju atau berubah dan bertumbuh selama tahap tumbuh kembangnya.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang tahap-tahap tumbuh kembang bayi. Semoga artikel pertumbuhan bayi yang telah kami sampaikan kali ini bermanfaat bagi Anda.