Teknologi Kasir Online Yang Telah Merajai Dunia

By | February 7, 2018

Software kasir kini sudah semakin berkembang kemajuan teknologinya. Tidak hanya dari segi alat kasirnya, kini program sistem ini telah dikembangkan menjadi alat pembayaran tunai maupun elektronik secara online yang terintegrasi menjadi suatu pencatatan pembukuan terpisah dan menyajikan informasi secara akurat untuk kemudian menghasilkan laporan-laporan yang dibutuhkan perusahaan. Sedangkan yang dimaksud dengan pembayaran elektronik online adalah pemilik perusahaan dapat menerima pembayaran dari konsumen dalam bentuk kartu debit, kredit, maupun jenis pembayaran paycash melalui jaringan internet.

Sejarah Software Elektronik Kasir Online

Kalau menilik dari historisnya, kasir elektronik dapat disebut sebagai alat pembayaran mesin kasir elektronik pertama di dunia. Software ini muncul pertama kalinya pada tahun 1973 dengan sebutan cash register yang di-install pada mesin kasir di sejumlah supermarket besar di Amerika Serikat. Bahkan ditahun berikutnya software ini langsung digunakan untuk pertama kalinya oleh salah satu perusahaan restoran cepat saji ternama di Amerika Serikat yang menyediakan menu burger dan soda drink yang nge-hits sampai sekarang bahkan di Indonesia.

Dan pada saat internet mulai naik tahta dan marak digunakan pada awal tahun 1990-an, beberapa perusahaan yang berkonsentrasi di bidang teknologi kemudian mengembangkan software kasir online dimana mesin cash register tidak hanya digunakan untuk satu toko saja, tetapi bisa ter-koneksi dengan alat yang sama di cabang perusahaan di daerah yang berbeda. Sehingga cash register kasir antar satu anak cabang dengan yang lainnya dapat terhubung secara online dan dapat memudahkan pemilik perusahaan mengontrol data penjualan dalam satu backoffice di tempat yang berbeda pula.

Perkembangan Teknologi Software Kasir Online Hingga Sekarang

Kini baru pada awal tahun 2000-an, para ahli mulai mengembangkan teknologi cloud computing dimana data dapat diambil dan diolah dalam satu perangkat apa saja, dari mana saja, dan kapan saja asalkan terhubung dalam koneksi internet.

Hingga sekarang, teknologi software kasir online telah meningkatkan reputasi dan profesionalisme manajemen kerja setiap perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi ini. Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika menggunakan software ini, salah satunya adalah meminimalisir kesalahan pencatatan dalam laporan keuangan perusahaan.