Tiga Cara Mengurangi Grogi Ketika Mulai Kerja

By | March 27, 2018

Mendapatkan panggilan interview dari perusahaan incaran dan dapat melaluinya dengan baik adalah hal yang sangat melegakan. Dapat bekerja di perusahaan yang memang sudah menjadi incaran merupakan kebanggaan tersendiri. Rasa bahagia mendapat pekerjaan biasanya akan digantikan dengan rasa cemas, nervous, dan grogi ketika membayangkan bagaimana hari pertama bekerja akan kita lewati. Berada di lingkungan baru serta bertemu dengan orang-orang baru, bagi sebagian besar orang adalah sesuatu yang kurang nyaman. Namun, mau tidak mau hal tersebut harus kita lalui meskipun disertai dengan jantung yang berdebar-debar.

Mengurangi Rasa Grogi Di Hari Pertama Kerja

Kesan pertama yang kita berikan kepada atasan dan rekan kerja kita di tempat kerja baru adalah sesuatu yang sangat penting. Perasaan grogi, jantung berdebar-debar, dan cemas adalah perasaan wajar yang juga dirasakan oleh kebanyakan orang. Namun, kita harus berusaha kuat untuk mengurangi dan tidak menunjukkan perasaan tersebut untuk memberikan image yang baik kepada orang lain. Beberapa cara dapat kita lakukan untuk mengusir perasaan yang membuat kita tidak nyaman di hari pertama kerja.

Ramah dan berikan senyum terbaik

Perasaan antusias dan berdebar-debar yang bercampur menjadi satu akan kita rasakan di hari pertama bekerja. Kedua perasaan tersebut harus kita kendalikan dengan bersikap ramah kepada semua orang, termasuk atasan, yang kita temui di tempat kerja. Jangan menunjukkan rasa segan berlebihan meskipun kepada atasan, cukup bersikap sopan dan tunjukan senyum terbaik untuk memberikan kesan ramah.

Memulai obrolan ringan

Untuk menjalin hubungan dengan rekan kerja, komunikasi yang baik akan sangat membantu kita. Mulailah obrolan ringan dengan menggunakan bahasa yang sopan. Perhatikan pula nada suara yang akan kita keluarkan, jangan sampai terlalu keras ataupun lirih. Gunakanlah perkataan yang jelas setiap kali kita berbicara karena kecakapan dalam berbicara menunjukkan kualitas diri kita.

Jangan menutup diri dan mengeluh

Lingkungan dan orang baru memang sering kali membuat kita tidak nyaman. Sebagaimana pun perasaan kurang nyaman yang kita rasakan, coba pertahankan dan benahi apa yang bisa kita lakukan untuk membuatnya lebih nyaman. Hindari mengeluh di awal-awal kita memulai kerja karena kita belum memiliki ruang untuk melakukannya.