Tips Agar Puasa Lancar Selama Ramadhan

By | May 25, 2018

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu oleh umat Islam. Berbagai macam penyambutan akan di beberapa daerah dilakukan untuk menyambut bulan suci ini. Selama bulan Ramadhan, Anda diharuskan untuk berpuasa penuh dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh Anda kekurangan asupan makanan di siang harinya. Beberapa orang merasa lemas saat menjalankan puasa karena kurang paham mengenai berpuasa yang baik.

Tips Agar Puasa Lancar Selama Ramadhan dan Tubuh Tetap Sehat

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar puasa Anda berjalan dengan lancar dan Anda tetap dalam kondisi yang sehat:

  1. Jangan pernah melewatkan sahur

Sahur merupakan saat yang sangat penting untuk Anda memberikan asupan makanan pada tubuh untuk digunakan beraktivitas di siang harinya. Tidak sedikit orang yang malas bangun sehingga melewatkan sahur. Jika Anda melakukan hal ini, maka dapat menyebabkan tubuh Anda lemas selama menjalankan puasa di siang harinya. Selain itu, sahur menjadi hal yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

  1. Berbuka secukupnya saja

Selama bulan puasa, Anda akan menemukan begitu banyak makanan yang dijual saat menjelang jam berbuka (Maghrib). Tidak sedikit dari masyarakat yang membeli berbagai macam makanan yang belum tentu dapat dihabiskan sendiri. Ajang balas dendam kerap terjadi di saat berbuka dengan makan terlalu banyak. Akibatnya, perut Anda akan terisi penuh dengan makanan dan Anda akan sulit menjalankan ibadah selanjutnya.

  1. Mengurangi konsumsi minuman atau makanan berkafein saat sahur

Minuman atau makanan yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sebainya dihindari saat Anda melakukan sahur. Hal ini disebabkan karena kafein membuat tubuh Anda kehilangan banyak air. Akibatnya, Anda akan merasa lemas dan cepat haus.

  1. Melakukan olahraga ringan

Meskipun sedang berpuasa, olahraga tetap penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Anda dapat melakukan olahraga kecil dengan berjalan-jalan mengitari daerah Anda untuk sekedar mengeluarkan keringat. Dengan demikian, maka Anda akan tetap merasa segar selama berpuasa.

Demikian merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar puasa berjalan dengan lancar dan tubuh Anda tetap sehat.