Tips Buka Puasa Yang Enak Dan Sehat

By | March 7, 2018

Waktu berbuka adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka yang sedang berpuasa. Setelah seharian menahan lapar dan haus, akhirnya tiba juga saatnya untuk melepas semua rasa lapar dan haus tersebut. Namun terkadang mereka yang berpuasa kerap kali lepas kontrol saat memasuki waktu berbuka. Makanan apapun yang ada dimakan habis demi memuaskan hasrat. Perilaku seperti ini perlu dihindari ya.

Selain itu, makanan yang kita makan saat berbuka puasa pun perlu diperhatikan. Kita tidak boleh sembarang makan saat berbuka puasa, sebab saat berbuka puasa, perut masih dalam keadaan kosong sehingga tidak semua makanan bisa ditolerir. Alhasil, kita mesti lebih selektif dalam memilih makanan untuk berbuka puasa.

Minum Air Putih Terlebih Dahulu

Pastikan yang pertama kali kita konsumsi saat berbuka puasa ialah air putih. Air putih berfungsi untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang selama puasa, serta membasahi perut agar nantinya siap menerima makanan yang masuk. Satu gelas air putih cukup untuk berbuka. Selain itu, pastikan juga air putih yang kita minum bersuhu normal, bukan air es. Air putih dengan suhu yang terlalu rendah akan membuat tubuh kita kaget.

Pilih Makanan Ringan Yang Sehat Sebagai Makanan Pembuka

Makanan manis mungkin memang bagus untuk mengisi energi dengan cepat setelah kita seharian berpuasa. Namun, jika pilihan makanan manis yang kita makan jatuh kepada kolak, es, dan semacamnya, ada baiknya jika kita segera menggantinya. Jenis-jenis makanan seperti itu sebenarnya tidak terlalu bagus untuk dimakan saat berbuka sebab makanan-makanan tersebut mengandung gula yang sangat berlebihan. Tentu saja ini tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Sebaiknya pilih buah-buahan saja. Kurma, salah satunya, merupakan pilihan yang sangat baik. Rasa manis kurma dapat membantu mengisi kembali energi tubuh. Meskipun kurma memiliki rasa yang begitu manis, namun kandungan gula alami pada kurma ini menyehatkan lho, bahkan aman untuk mereka yang terkena diabetes. Selain kurma, kita juga bisa memilih buah lain seperti pisang untuk berbuka puasa. Pisang mengandung zat potassium yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan tubuh.