Tips Memilih Jasa Konsultan ISO 9001

By | April 8, 2018

Perusahaan kebanyakan menginginkan memiliki sertifikasi ISO 9001, karena itu perusahaan mencari konsultan ISO 9001 untuk mendapatkannya. Sertifikasi ini adalah sebuah sertifikat yang memberikan penjelasan bahwa sistem kerja manajemennya sangatlah baik dan juga efisien. Sertifikat ini bukanlah suatu keharusan, akan tetapi ada beberapa perusahaan besar yang menjalin relasi dengan memperhatikan sertifikat tersebut. Karena itu memilih konsultan adalah hal penting, berikut beberapa tips dalam memilih jasa konsultan ISO.

Perhatikan Referensi Dari Perusahaan Lain

Hal pertama dalam memilih jasa konsultan ISO adalah dengan menanyakan kepada beberapa perusahaan lainnya yang sudah lulus lebih dulu. Karena mungkin saja perusahaan tersebut sudah pernah menggunakan sebuah konsultan ISO tersebut untuk sertifikasi. Tentu referensi dan rekomendasi dari perusahaan tersebut sudah cukup menunjukkan kualitas dari konsultan tersebut. Karena paling tidak sudah ada bukti perusahaan bisa lulus dan mendapatkan sertifikat tersebut.

Memperhatikan Harga Yang Ditawarkan

Memang menggunakan konsultan ISO itu bisa dibilang berhemat, karena bila tanpa konsultan mungkin pengeluaran lebih besar. Namun berbicara mengenai biaya, maka untuk menghemat biaya pemilihan konsultan pun harus memperhatikan harga yang ditawarkan. Tidak perlu harus murah, yang lebih penting adalah apa yang didapat itu sepadan dengan harga yang ditawarkan tersebut. Jadi secara garis besar produk bimbingan dari konsultan ISO 9001 itu harus sepadan dengan harganya.

Mempertimbangkan Prosedur Manajemen Yang Ditawarkan

Biasanya konsultan ISO akan memberikan beberapa penjelasan mengenai sistem manajemen yang akan diterapkan secara default. Mungkin perlu juga untuk mempertimbangkan sistem manajemen yang ditawarkan apakah sesuai dengan perusahaan Anda ataupun tidak. Ini cukup penting, karena bila tidak sesuai bukannya perusahaan akan jadi lebih baik justru akan mengalami banyak kemunduran.

Jaminan Kelulusan

Lalu tips yang paling terakhir dari pemilihan konsultan adalah adanya jaminan, dan berapa persenkah jaminan kelulusannya. Tentu beberapa konsultan ISO akan memberikan jaminan sesuai dengan kapasitas mereka sebagai konsultan. Memilih konsultan ISO 9001 yang persentase jaminan kelulusannya tinggi akan memberikan hasil yang baik dan sangat kami anjurkan.