Tips Memilih Kubah Masjid yang Sesuai Dengan Masjid

By | February 6, 2018

Kubah masjid adalah salah satu bagian dari masjid yang sangat di perhatikan dalam proses pembuatannya. Hal tersebut dikarenakan posisi dari kubah yang terletak di puncak bangunan masjid yang sering kali menjadi kesempurnaan dari suatu masjid. Berdasarkan jenis penyusunnya kubah dibagi menjadi dua jenis yaitu kubah yang terbuat dari kerangka besi maupun kubah yang terbuat dari kerangka beton. Masing-masing dari tipe kubah tersebut tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Oleh karenanya Anda harus jeli dalam memilih kubah yang akan digunakan.

Tips Memilih Kubah Masjid Agar Sesuai yang Harus Anda Ketahui

Memilih kubah yang akan dipasangkan pada masjid memang bukanlah hal yang sederhana. Pasalnya pemilihan kubah yang tidak tepat akan merusak citra estetika dari masjid itu sendiri. Oleh karenanya terdapat beberapa pertimbangan yang harus Anda lalukan agar kubah masjid yang dipilih sesuai dengan bangunan masjid yang ada dan efisien dalam proses pembangunannya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk dapat memilih kubah yang sesuai:

  • Perhatikan material penyusun kubah

Tips pertama yang harus Anda lakukan agar dapat memperoleh kubah yang sesuai dengan bangunan masjid Anda adalah memperhatikan bahan material penyusun kubah. Apabila fondasi masjid yang dibuat kokoh maka Anda dapat menggunakan kubah yang berbahan penyusun beton. Akan tetapi apabila fondasi yang dibangun tidak cukup kuat untuk menanggung beban kubah berkerangka beton maka Anda dapat menggunakan kubah yang berkerangka besi.

  • Memberi lapisan pelindung anti bocor pada kubah

Selanjutnya Anda dapat memilih kubah yang telah diberi lapisan pelindung anti bocor. Kubah sangat rentan terhadap kerusakan yang disebabkan karena pengaruh cuaca. Oleh karenanya penggunaan lapisan pelindung anti bocor sangatlah diperlukan agar kubah yang dibuat awet dan tahan terhadap perubahan cuaca yang ada.

  • Perhatikan kesesuaian bentuk dan warna kubah

Kemudian tips yang dapat Anda lakukan ketika memilih kubah yang akan digunakan adalah dengan memperhatikan kesesuaian bentuk dan warna kubah yang akan dipasang. Kesesuaian bentuk dan warna akan sangat mempengaruhi keindahan masjid yang akan dibuat. Oleh karenanya Anda dapat mengonsultasikan kubah yang akan dipasang dengan penyedia jasa kontraktor kubah masjid.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih kubah yang sesuai dengan bangunan masjid yang akan dipakai. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.