Tips Menemukan Peluang Usaha yang Tepat

By | May 1, 2018

Menemukan peluang usaha yang tepat berpotensi menghasilkan keuntungan besar bagi seorang wirausahawan. Bagaimanakah cara menemukan peluang usaha yang tepat.

Memahami Kriteria Peluang Usaha Yang Tepat

Peluang usaha yang paling baik memiliki beberapa kriteria tertentu. Kriteria ini tidak selamanya dapat diaplikasikan kepada semua orang. Karena masing-masing orang memiliki kepribadian, potensi lingkungan serta kebutuhan yang berbeda dari orang lain. Berikut ini adalah tips untuk menemukan peluang bisnis yang tepat.

  1. Menyesuaikan dengan karakter diri

Jika Anda adalah seseorang dengan konsistensi tinggi dan tidak mudah berubah pikiran serta memegang teguh prinsip, carilah usaha yang bisa berkelanjutan dan berkembang. Keuntungan dalam jumlah besar di awal bisnis bukan merupakan kriteria peluang usaha yang baik jika bisnis yang Anda inginkan adalah sebuah bisnis yang langgeng, atau memiliki sustainability yang bagus.

Jika usaha tersebut hanya merupakan usaha dadakan yang menjual produk yang kiranya hanya akan menjadi tren sesaat, sebaiknya dihindari. Seperti misalnya berjualan tahu bulat atau es kepal milo. Ketika tren tersebut berakhir, maka Anda harus memikirkan usaha lain. Berbeda halnya dengan usaha yang berkelanjutan dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Usaha ini tidak akan pernah mati dan akan selalu dibutuhkan keberadaannya.

Namun bukan berarti menjual produk yang sedang ngetren itu salah.  Jika Anda merupakan tipe orang yang mudah bosan dan selalu berubah-ubah, tentu usaha yang ngetren bisa jadi pilihan Anda.

  1. Sesuaikan dengan Potensi Lingkungan

Peluang usaha yang baik menyesuaikan potensi daerah sekitarnya. Jika komoditas daerah tempat Anda tinggal adalah jagung, cobalah untuk berkreasi dengan bahan tersebut dan membuat inovasi terbaru dengan apa pun yang berhubungan dengan jagung. Misalnya Anda melihat bahwa petani sering kali membuang klobot jagung, Anda bisa mencoba membuat kerajinan bunga dari klobot jagung tersebut dan menjualnya sebagai dekorasi interior rumah.

  1. Kebutuhan Masyarakat

Dalam melihat peluang usaha seseorang harus peka terhadap kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Cari tahu apa yang sulit masyarakat dapatkan di tempat tinggalnya. Misalnya di daerah terpencil, masyarakat sulit mendapatkan bahan bakar, maka bukalah usaha pengisian bahan bakar.