Tips Menggendong Bayi Baru Lahir

By | January 30, 2018

Menggendong bayi merupakan hal yang mudah tapi juga susah mengapa karena kalau hanya sekedar menggendong dengan tidak memperhatikan posisi yang benar maka tentunya akan bisa berdampak buruk bagi kesehatan bayi, dan juga jika posisinya tidak benar maka bayi pun akan merasa tidak nyaman dan kadang menangis sebagai bentuk dari tanggapan bayi terhadap cara menggendong yang kurang benar. Maka dari itu kita perlu mempelajari bagaimana cara menggendong bayi baru lahir yang benar dan baik agar bayi pun nyaman saat digendong. Bayi kadang perlu di gendong atau diayun-ayunkan agar dapat tidur. Jika posisi atau cara menggendong bayi kita tidak benar maka hal ini juga akan berdampak pada bayi dapat menyebabkan akan lebih rewel.

Bagaimana Tips Menggendong Bayi Baru Lahir?

Tips atau cara menggendong bayi baru lahir merupakan sesuatu yang perlu dipelajari oleh para ibu apalagi khususnya para ibu muda yang belum berpengalaman atau belum pernah menggendong bayi yang baru lahir. Cara tersebut antara lain yang pertama adalah saat bayi yang baru lahir, tentunya harus digendong dengan amat hati-hati mengapa? Karena tulang bayi masing sangat rapuh dan belum cukup kuat, cara menggendongnya yaitu dengan menyelipkan satu tangan ke leher si bayi untuk menyangga kepalanya, lalu meletakkan tangan satunya ke bagian belakang tubuh bayi untuk menopang punggung dan bokongnya. Bagian kepala, leher, dan punggung bayi agar nyaman bisa diposisikan di lipatan siku tangan kanan atau kanan. Kemudian jika cara menggendong bayi  yang usianya sekitar 0-3 bulan bisa dilakukan dalam posisi tegak dengan kepala bayi di atas bahu menghadap ke belakang. Biarkan si bayi menyandar di dada si ibu atau ayah, menopang lehernya dengan satu tangan dan tangan satunya menopang punggung dan bokong mereka.

Itu diatas adalah beberapa cara menggendong bayi baru lahir yang benar sesuai usia bayi. Semoga uraian diatas dapat memberikan wawasan dan pengetahuan untuk Anda dalam menggendong bayi yang benar. Dan untuk para calon ibu dan para ibu dapat memperhatikan dan mengingat beberapa hal yang penting terkait dalam menggendong bayi.