Tips Mengoptimalkan Pekarangan Rumah

By | February 21, 2017

Pekarangan rumah merupakan unsur penting untuk sebuah rumah. Bagaimana tidak, pekarangan memiliki fungsi yang vital bagi rumah sebab bisa difungsikan sebagai penghasil oksigen untuk rumah dengan adanya berbagai tanaman, dan juga sebagai tempat resapan air rumah kita.

Di samping itu, pekarangan rumah juga penting untuk menambah nilai estetika pada rumah kita. Jadi, kita tidak bisa menganggap remeh keberadaan pekarangan rumah kita. Namun, bagaimana jadinya jika rumah kita tinggal di sebuah perumahan yang hanya memiliki lahan sangat terbatas? Sebetulnya ini tidak menjadi masalah besar selama kita mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Inspirasi Halaman Depan Rumah

Halaman depan rumah dengan luas yang terbatas memang agak sedikit menyulitkan kita untuk mendekorasinya. Meskipun demikian, hal ini tidak menutup kemungkinan agar halaman depan rumah kita bisa tampak asri dan segar. Taman kecil yang dibangun di pekarangan depan dengan luas yang terbatas bisa menjadi solusinya. Sebagai pilihan, sebagian besar area pekarangan bisa kita Tanami rumput hijau agar memberikan kesan yang menyegarkan.

Agar membuatnya tampak lebih menarik, kita juga bisa meletakkan beberapa tanaman berukuran kecil seperti bonsai sebagai pemanis halaman depan. Selain itu, kita juga bisa menambahkan tanaman-tanaman hias lain yang berukuran kecil.

Pilihan lainnya, kita bahkan bisa menanam sebuah pohon meskipun di halaman yang terbatas. Dengan catatan, pohon itu harus menjadi pohon tunggal, dengan ukuran yang menyesuaikan dengan luas halaman. Tidak teralu besar supaya tidak terlalu menghabiskan banyak tempat, namun juga tidak terlalu kecil agar pohon tersebut bisa menjadi tempat berteduh dari teriknya matahari. Dengan ukuran yang proporsional, pohon tersebut bisa memberikan karakter pada taman mungil kita.

Dekorasi Alami Untuk Taman Depan

Selain menggunakan unsur tanaman, kita juga bisa menggunakan elemen alam lainnya seperti batu alam atau kayu. Tren ‘back to nature’ atau kembali ke alam sedang naik daun untuk desain rumah minimalis. Kita bisa membuat jalan setapak kecil dari batu alam, serta meletakkan sebuah kursi kayu untuk menikmati keasrian taman. Berbagai macam inspirasi untuk taman rumah bisa kita telusuri melalui Jasaarsitek-rumah.com.