Tips Sewa Bus wisata, Anda Wajib Tahu

By | September 19, 2017

Jika Anda hendak pergi berlibur bersama rombongan, tentu Anda butuh alat transportasi untuk mengantarkan ke lokasi tujuan. Alat transportasi yang biasa digunakan adalah bus pariwisata. Untuk menggunakannya, Anda perlu harus membeli bus tersebut karena Anda bisa menyewanya. Sebelum menyewanya, alangkah lebih baik jika Anda memperhatikan beberapa tips sewa bus wisata.

Tips Sewa Bus Wisata

  • Pemesanan

Saat melakukan pemesanan, Anda harus menjawab beberapa pertanyaan penting dari pihak agen bus terkait penyewaan. Pertanyaan tersebut biasanya seperti beberapa data Anda, tanggal penggunaan bus, lama penggunaan, jumlah penumpang serta tujuan/destinasi. Jawaban Anda nantinya akan dijadikan data untuk listing pemesanan dan pertimbangan harga sewa.

  • Kapasitas bus

Sebelum menghubungi agen, Anda harus memastikan berapa jumlah peserta yang akan mengikuti perjalanan. Hal ini menjadi penting karena terkait jumlah kursi dan kapasitas bus.

  • Pembayaran

Setelah melakukan pemesanan dan negosiasi untuk pemilihan bus serta telah terjadi kesepakatan antara Anda dan pihak agen, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah pembayaran. Untuk membayar sewa bus wisata sebaiknya dilakukan secara bertahap.

  • Fasilitas Bus

Fasilitas bus menjadi faktor penunjang kenyamanan Anda saat menggunakan bus tersebut. Semakin baik dan lengkap fasilitasnya pasti akan membuat Anda merasa nyaman dan perjalanan lebih menyenangkan.

Selain fasilitas pokok seperti kursi, bus wisata juga dilengkapi dengan AC, perangkat TV, DVD Mic, bagasi tas pada bagian atas, sound system hingga tempat plugin charger. Dan yang lebih lengkap lagi, terkadang beberapa bus juga dilengkapi dengan kamar kecil.

  • Waktu Reservasi

Penyewaan bus wisata biasanya lebih sering dilakukan saat tanggal-tanggal libur panjang seperti saat libur lebaran, natal dan tahun baru serta saat libur pergantian semester. Semakin ramai orang memesan bus, harga sewanya terkadang juga dinaikkan oleh sang agen.

Untuk menghindari gagal menyewa bus karena telah full booking, sebaiknya lakukan reservasi jauh- jauh hari sebelum perjalanan Anda tiba.

Nah itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan sewa bus wisata agar perjalanan Anda bersama rombongan lebih nyaman dan menyenangkan.