Tujuan dan Manfaat SMK3 yang Perlu Anda Ketahui

By | May 2, 2018

Sebelum Anda mengurus atau mengajukan sertifikasi SMK3, ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Namun jika Anda tidak mampu mengajukan sendiri, Anda dapat meminta bantuan kepada konsultan SMK3 karena mengurus SMK3 merupakan sebuah kewajiban untuk perusahaan.

Tujuan diterapkannya SMK3

Setiap kegiatan pastinya memiliki sebuah tujuan, termasuk tujuan diterapkannya SMK3. Ada beberapa tujuan diterapkannya SMK3 di sebuah perusahaan, berikut tujuan SMK3 tersebut

  1. Meningkatkan perlindungan terhadap keselamatan

Tujuan utama adanya SMK3 adalah untuk meningkatkan perlindungan terhadap keselamatan dan kesehatan kerja para tenaga kerja secara terukur dan terstruktur serta terintegrasi

  1. Mencegah terjadinya kecelakaan kerja

Tujuan kedua adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit saat bekerja, apabila SMK3 diterapkan dengan benar, maka kecelakaan dan penyakit kerja dapat diminimalisir atau bahkan tidak ada sama sekali.

  1. Meningkatkan keamanan tempat kerja

Keamanan tempat kerja dapat ditingkatkan apabila SMK3 berjalan dengan baik, dan sebagaimana mestinya. Dengan adanya tempat yang aman untuk bekerja tentu akan membuat tenaga kerja merasa nyaman, sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Kini mengurus sega berkas dan keperluan untuk mengurus SMK3 menjadi lebih mudah dengan bantuan Konsultan SMK3.

Manfaat diterapkannya SMK3

  1. Perlindungan terhadap tenaga kerja

Dengan adanya SMK3 yang diterpakan perusahaan, akan membuat tenaga kerja memeroleh perlindungan yang sesuai dengan prosedur. Adanya perlindungan terhadap tenaga kerja akan membuat angka kecelakaan kerja semakin kecil sehingga memberikan manfaat kepada karyawan dan perusahaan.

  1. Menghemat Biaya

SMK3 juga dapat menghemat banyak biaya pengeluaran menjadi semakin kecil jumlahnya. Apabila SMK3 berjalan dengan baik tentunya akan mengurangi resiko kecelakaan kerja dan membuat perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya-biaya tambahan, karena minimnya angka kecelakaan kerja.

  1. Mengefektifkan sistem manajemen

Dengan menerapkan SMK3 makan segala prosedur dapat terdokumentasi dengan baik, sehingga memudahkan atau mengefisienkan pekerjaan.

Sekian sedikit ulasan tentang tujuan dan manfaat SMK, apabila ada ingin membuat sertifikasi SMK3, Anda juga dapat meminta bantuan kepada konsultan SMK3 yang telah terbukti keahliannya, dan memberikan jaminan lulusan audit.