Ucapan Selamat Ulang Tahun Menggunakan Bahasa Jawa

By | February 18, 2018

Bahasa Jawa sering dianggap sebagai salah satu bahasa yang halus, sehingga memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk sahabat akan terdengar lebih etis dan estetis ketika menggunakan bahasa Jawa. Apalagi jika kedua dari Anda merupakan orang Jawa asli sehingga bisa memahami lebih kalimat ucapan tersebut. Kalaupun Anda berdua bukan berasal dari Jawa memberi ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahasa Jawa merupakan salah satu ucapan yang beda dari lainnya dan anti mainstream.

Sugeng Tanggap Warso

Sugeng tanggap warso di dalam bahasa Indonesia berarti selamat ulang tahun. Kalimat ini biasanya menjadi kalimat pembuka ucapan selamat ulang tahun. Bisa juga ditambahkan kalimat ngaturaken atau nderekaken sebelum kalimat sugeng tanggap warso. Dengan menambah kalimat nderekaken atau ngaturaken secara bahasa artinya menjadi ikut mengucapkan selamat ulang tahun.

Setelah kalimat sugeng tanggap warso biasanya diikuti kalimat-kalimat doa, berikut beberapa kalimat doa yang biasanya mengikuti kalimat sugeng tanggap warso :

  1. Mugi-mugi Gusti Alloh paringaken keslametan kalihan kasihatan.

Kalimat ini merupakan kalimat doa yang cukup sederhana yang bisa Anda berikan bersamaan kalimat sugeng tanggap warso. Artinya semoga Alloh SWT memberikan keselamatan dan kesehatan

  1. Mugi-mugi jembar jinembar rejekine, berkah sedayane

Secara bahasa kalimat di atas memiliki arti semoga diberikan rezeki yang lapang dan berkah semuanya.

Ucapan selamat ulang tahun untuk sahabat menggunakan bahasa Jawa setelah kalimat sugeng tanggap warso bisa juga mengombinasikan kedua doa tersebut untuk mendoakan agar selamat, sehat dan memperoleh rezeki yang lapang.

Sugeng Ambal Warso

Sugeng ambal warso memiliki arti yang sama dengan sugeng tanggap warso, tidak hanya arti yang sama tingkat kesopanannya pun juga sama. Sehingga menggunakan kalimat ini bisa diberikan untuk sahabat yang lebih tua dari Anda. Kalimat doa yang mengikuti ungkapan ini juga sama dengan dua contoh kalimat di atas.

Ucapan selamat ulang tahun untuk sahabat juga bisa menggunakan berbagai bahasa daerah di Indonesia. Karena bangsa Indonesia memiliki keaneka ragaman bahasa daerah dan suku.