Vitamin Burung Yang Penting Untuk Kesehatan

By | February 14, 2018

Semua orang yang memelihara burung pasti ingin agar burungnya tetap sehat dan selalu tampil prima. Karena itulah Anda harus bisa menjaga burung Anda agar tetap semangat dan sehat. Salah satu cara yang paling mudah adalah memberikan vitamin burung. Ada berbagai macam vitamin untuk burung yang bisa Anda berikan kepada burung peliharaannya Anda. Namun vitamin yang terbaik adalah yang alami.

Vitamin alami tidak tentu akan lebih baik dibandingkan dengan vitamin yang terbuat dari bahan kimia. Karena vitamin tersebut sudah dicampur oleh bahan-bahan buatan sehingga jika terlalu sering diberikan pada burung Anda maka bisa berdampak buruk bagi kesehatannya.

Vitamin Burung Yang Sebaiknya Diberikan

Bagi Anda yang ingin memberikan vitamin burung, maka sebaiknya Anda harus memberikan vitamin yang terbuat dari bahan alami pula. Anda juga harus memperhatikan kebersihan dan kualitas dari bahan-bahan yang mengandung vitamin yang penting bagi si burung.  Lalu apa saja bahan-bahan alami yang mengandung banyak vitamin?

Salah satu bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin bagi burung adalah sayur-sayuran. Jika burung Anda suka makan sayur-sayuran, maka sebaiknya Anda memberikan sawi, paprika, dan timun. Sayur-sayuran tersebut mempunyai kandungan vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin untuk burung.

Vitamin yang ada pada sayur-sayuran juga bukan hanya menjaga kesehatan burung namun juga bisa membantu proses pertumbuhan burung akan tampak lebih ideal. Bahan lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai vitamin untuk burung adalah serangga. Pada saat burung berada di alam liar, mereka cenderung memakan serangga karena kaya akan vitamin. Sebaiknya berikan serangga yang ukurannya pas dengan paruh burung peliharaan Anda. Serangga memang terbukti mengandung banyak vitamin dan mineral.

Memberikan vitamin untuk burung memang baik namun jangan sampai berlebihan. Perlu Anda perhatikan juga bahwa burung Anda bisa merasa bosan dengan pakan burung yang itu-itu saja. Karena itulah Anda harus bisa memberikan variasi dalam memberikan pakan yang mengandung vitamin burung. Sayur-sayuran dan serangga mudah didapatkan dan harganya murah. Jadi, pemberian vitamin ini tidak akan membebankan Anda.