Yuk Bertanam Bibit Durian!

By | December 14, 2017

Bibit Durian

Apa yang Anda ketahui tentang durian? Ya, durian merupakan salah satu jenis buah yang digemari oleh sebagian besar masyarakat. Sesuai dengan namanya yaitu durian, kulit terluar dari buah ini berbentuk seperti duri-duri yang keras. Di Indonesia pembudidayaan bibit durian tersebar di seluruh penjuru pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan juga Irian jaya. Tanaman ini termasuk tanaman musiman, dan juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk siap dipanen setelah penanamannya. Kekhasan buah ini antara lain tekstur daging buahnya yang lembut dibalik kulitnya yang tajam, aromanya yang keras, dan juga rasa yang nikmat yang tidak dipungkiri akan sangat menggugah selera bagi para pencintanya. Selain dikonsumsi secara langsung, buah ini banyak dimanfaatkan untuk aneka makanan dan juga minuman.

Seberapa Pentingnya Pemilihan Bibit Durian Ketika Penanaman Durian?

Perkebunan buah dari bibit durian dianggap akan memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan. Maka, tidak heran jika para petani perkebunan berlomba-lomba membudidayakannya. Durian akan tumbuh secara optimal pada lingkungan yang beriklim tropis dengan jenis tanah yang baik bagi durian adalah tanah yang memiliki ciri berwarna hitam keabu-abuan, struktur butir-butir pada lapisan atasnya, lapisan bawah membentuk gumpalan dan juga memiliki kemampuan mengikat air yang tinggi. Karena dalam pertumbuhannya, pohon durian memang membutuhkan air yang banyak. Selanjutnya, ketika kita ingin menanam sesuatu tentu kita tidak dapat terlepas dari apa itu yang disebut bibit. Demikian juga pada penanaman buah durian. Untuk menghasilkan kualitas buah yang unggul, diperlukan perhatian yang khusus pada proses awalnya, yaitu pemilihan bibit. Bibit yang baik memiliki ciri-ciri, asli dari induknya, tidak kisut, segar dan sudah tua, serta terbebas dari hama penyakit.

Penanaman pohon durian, mungkin dapat digunakan sebagai penyaluran hobi yang sangat bermanfaat dan dapat dijadikan lahan bisnis yang menjanjikan. Terlebih, permintaan buah durian yang semakin meningkat, yang menyebabkan petani durian pun ikut meningkat. Persaingan yang semakin ketat, mewajibkan Anda untuk lebih memperhatikan kualitas hasil tanaman Anda. Terutama dalam pemilihan bibit. Bibit yang baik dapat Anda lihat di http://bibitsehat.com. Karen bibit yang baik akan memberikan hasil yang baik pula.